Sabtu, 17 April 2021

Yuk Ketahui Apa Saja Perbedaan Tangga Nada Diatonis dan Pentatonis

Yuk Ketahui Apa Saja Perbedaan Tangga Nada Diatonis dan Pentatonis - Mendengarkan musik adalah aktivitas yang menyenangkan sekaligus menenangkan diri. Namun, pernahkan Anda mengetahui apa saja unsur yang ada di lagu tersebut? Dan apa saja perbedaan tangga nada diatonis danpentatonis? Dalam sebuah lagu, terdapat berbagai unsur yang membangun sehingga membuat lagu terdengar enak didengar oleh pengguna.

Dalam membuat sebuah syair lagu, penulis lagu tidak akan asal-asalan membuat tangga nada. Perlu adanya keterampilan dan pemahaman khusus terkait ini, salah satunya adalah bisa membedakan tangga nada pentatonis dengan diatonis. Lalu, apa saja perbedaannya? Yuk ketahui informasi lebih lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Tangga Nada?



Sebelum membahas mengenai perbedaan tangga nada diatonis dan pentatonis, alangkah lebih baiknya mengetahui terlebih dulu apa itu tangga nada. Tangga nada adalah sebuah susunan nada yang diurutkan secara berurutan sebagai sistem nada. Susunan tangga nada ini biasanya dimulai dari nada dasar hingga nada oktaf yang lebih rendah ataupun yang lebih tinggi.

2 Perbedaan Tangga Nada Diatonis dan Pentatonis

Tahukah Anda bahwa tangga nada dibedakan menjadi tiga macam, yaitu tangga nada kromatis, diatonis, dan pentatonis. Namun yang paling banyak digunakan adalah tangga nada diatonis dan pentatonis. Sehingga pada kesempatan kali ini kami hanya akan membahas perbedaan tangga nada diatonis dan pentatonis. Berikut ini informasinya.

Pengertian

Perbedaan pertama dilihat dari pengertiannya. Tangga nada diatonis adalah sebuah tangga nada yang terdiri dari tujuh buah nada yang memiliki jarak satu dan setengah nada. Umumnya tangga nada yang satu ini dibagi menjadi dua buah kelompok. Yaitu tangga nada diatonis minor dan mayor, keduanya pun tetap memiliki perbedaan. Yang dimana tangga nada minor memberikan kesan sedih, sedangkan nada mayor terkesan bersemangat.

Tangga nada pentatonis adalah tangga nada yang terdiri dari dua buah nada, yaitu yangga nada slendro dan pelog. Kedua jenis tangga nada ini memiliki susunan jarak yang berbeda setiap nadanya. Tangga nada slendro memberikan kesan fantastkc dan bahagia, sedangkan tangga nada pelog lebih terkesan tenang dan memuja.

Jenis Lagu

Perbedaan tangga nada diatonis dan pentatonis yang selanjutnya adalah jenis lagu yang dihasilkan. Biasanya tangga nada diatonis digunakan untuk lagu anak-anak yang memiliki kesan gembira seperti “Lihat Kebunku” hingga lagu “Balonku” Beberapa contoh lagu anak-anak yang bersemangat tersebut menggunakan tangga nada diatonis jenis mayor.

Sedangkan tangga nada diatonis jens minor biasanya digunakan untuk lagu-lagu yang harmonis. Lagu-lagu yang sering menggunakan jenis tangga nada ini adalah lagu-lagu perjuangan seperti “Mengheningkan Cipta” “Gugur Bunga” hingga “Indonesia Pusaka” yang bisa menyayat hati dengan lantunannya.

Contoh lagu pentatonis juga tidak kalah menariknya. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya bahwa tangga nada pentatonis memiliki dua jenis, yaitu slendro dan pelog. Hal inilah yang menjadi perbedaan tangga nada diatonis dan pentatonis paling mendasar dari keduanya. Tangga nada pentatonis slendro adalah jenis nada 1 2 3 4 5 6 1 yang memberikan kesan ceria. Contoh lagunya seperti “Suwe Ora Jamu” dan “Kincir-Kincir”

Sedangkan tangga nada pentatonis jenis pelog adalah nada yang tersusun atas 1 2 3 4 5 6 7 dengan kesan yang lebih kalem dari slendro, sehingga lagu-lagu yang yang dihasilkan pun lebih tenang seperti lagu “Te Kate Dipanah” hingga “Cing Cangkeling”

Nah itulah beberapa informasi mengenai perbedaan tangga nada diatonis dan pentatonis yang harus Anda ketahui. Tidak lengkap rasanya jika sudah mengetahui perbedaannya tetapi belum membeli alat musiknya. Untuk itu, kami menyarankan Anda untuk berkunjung ke Blibli karena disini Anda akan menemukan berbagai produk alat musik terlengkap dengan harga yang menggiurkan. Yuk buruan di cek!

Load comments