Sabtu, 19 Desember 2020

5 Makanan Khas dengan Siraman Bumbu Kacang

5 Makanan Khas dengan Siraman Bumbu Kacang - Bumbu kacang merupakan jenis saus yang paling banyak digunakan pada makanan di Indonesia. Ada banyak jenis hidangan di Indonesia yang menggunakan bumbu kacang. Ada yang berupa cemilan, ada yang juga berupa lauk untuk makan berat. Semuanya dijamin memiliki cita rasa lezat dan bikin ketagihan. Nah jika kalian ingin mengetahui apa saja makanan yang menggukanan siraman bumbu kacang, berikut diantaranya.

Gado-gado

Resep bumbu gado-gado biasanya di buat untuk langsung di sajikan. Ciri khasnya yaitu penggunaan santan yang menjadikan saus kacang terasa lebih gurih dan sedikit manis. Gado-gado terbuat dari bermacam sayuran yang direbus mulai dari kangkung, bayam, kol, kacang panjang, jagung, ketang, tempe dan tahu sebagai pelengkapnya. Kemudian semua bahan tersebut di aduk dengan bumbu kacang yang merupakan campuran dari kacang tanah yang sudah di goreng, gula jawa, air asam jawa, garam dan terasi yang membuat wangi bumbu gado-gado menjadi unik. Gado-gado juga biasanya di lengkapi dengan telur rebus dan bisa dimakan dengan nasi, lontong atau hanya gado-gado saja.

Lotek

Lotek adalah makanan yang terdiri dari berbagai macam sayuran yang di konsumsi secara bersama dengan bumbu kacang. Bumbu kacang pada lotek di tumbuk atau diuleg dengan tambahan beberapa bahan lainnya, setelah halus baru ditambahkan dengan sayuran rebus, menitimun mentah dan kerupuk dan dicampur rata. Dan ada juga yang menyukai lotek dengan tambahan lontong. Di beberapa daerah di Indonesia lotek sudah tidak susah lagi di cari, karena kadang di pinggiran jalan atau restoran pun biasanya menyedian makanan tersebut.

Karedok

Karedok merupakan makanan yang berasal dari tanah Sunda, Jawa Barat. Karedok sendiri berbeda dengan pecel dan gado-gado. Karena karedok sendiri terdiri dari sayuran mentah seperti, kacang panjang, toge, daun kemangi, dan mentimun. Bumbu kacang pada karedok pun terdiri dari kacang tanah, cabai merah, bawang putih, kencur, air asam, gula merah, dan garam. Meskipun menggunakan gula merah, namun rasa karedok sendiri lebih gurih asin karena adanya bawang putih dan komposisi gula merah tidak sebanya gado-gado. Dan ciri khas dari karedok sendiri yaitu kencur yang membuat rasa dan aroma menjadi khas. Biasanya karedok disajikan sebagi hidangan pendamping.

Nasi Lengko

Nasi Lengko adalah makanan khas Cirebon yang terbuat daari bahan-bahan sederhana. Kuliner tradisional ini terdiri dari bahan-bahan seperti nasi putih, tempe, dan tahu goreng yang di potong-potong dadu, lalu ditambahka toge dan mentimun cacah di atasnya. Selain itu nasi lengko juga di hidangkan dengan siraman saus kacang yang khas dan di tambah kecap manis secukupnya. Meski sederhana hidangan ini patut kalian cob ajika suatu saat kalian sedang berkunjung ke Cirebon.

Siomay

Meski populer sebagai makan khas Bandung, sebetulnya siomay berasal dari Mongolia dalam. Siomay di Indonesia biasanya di buat dari bahan dasar ikan tenggiri dan khasnya di siram dengan bumbu kacang manis. Selain menggunakan ikan tenggiri, siomay bisa juga menggunakan ayam. Bumbu kacang siomay sendiri terbuat dari kacang tanah, bawang merah, bawang putih, gula pasir, asam jawa, garam, dan cuka yang di haluskan lalu di campurkan dengan air. Nah untuk kalian yang sedang berlibur di Bandung, wajib untuk mencoba salah satu makanan yang populer di Bandung.

Load comments